8 Tips Sederhana Mengatasi Anak yang kecanduan Game Online

Pada dasar nya era teknologi jaman sekarang berkembang sangatlah pesat, baik dari segi transportasi, distribusi, informasi, dan juga produksi. Namun tak kalah ketinggalan di dunia hiburan juga banyak industri game terus berlomba-lomba memproduksi game baik itu online maupun offline.
Tips Sederhana Mengatasi Anak Kecanduan Game online
Ilustrasi : Anak Kecanduan game online.
Perusahaan-perusahaan game online berlomba-lomba menciptakan game di berbagai genre, kualitas Audio dan Video, Serta alur cerita yang menarik.

Aktivitas gamming memang sangat menyenangkan, kadang jika kita mencoba permainan dengan alasan awal hanyaa iseng-iseng hanya ingin tahu, tanpa kita sadari kita terbius oleh game tersebut, hingga lalai waktu. Padahal waktu yang di gunakan untuk gamming akan sangat bermanfaat untuk hal produktiv lainnya.
Game yang berbasis online memang sangatlah mudah membuat kita mabuk kepayang dan memberikan efek kecanduan yang berlebih terhadap game tersebut.
Lalu bagaimana dengan anak-anak ketika mereka sedang asyik bermain game online?
Lalu apa sajakah dampak negative game online bagi anak-anak?
Atau anak anda sudah kecanduan game online?
dan bagaimana cara mengatasi anak-anak kecanduan game online?

8 Tips Sederhana Mengatasi Anak Kecanduan Game Online

Kecanduan game online bagi seorang yang sudah dewasa saja bisa dikatakan susah, apalagi pada anak-anak yang belum punya banyak hal pengalaman, dan waktu yang terbuang sia-sia buat gaming anak-anak, akan lebih bermanfaat jika untuk belajar bagaimana perilaku berkehidupan bersosial yang baik dan benar, lantas bagaimana cara mengatasi anak yang sudah terlanjur kecanduan game online. Baiklah simak uraian di bawah ini :

1. Cobalah Memahami Apa yang Sebenar nya Dilakukan Oleh Anak.

Cobalah Memahami Apa yang Sebenar nya Dilakukan Oleh Anak


Memahami apa yang sedang dilakukan anak itu sangatlah penting. Karena sejatinya anak-anak sama seperti orang dewasa ia memiliki kebutuhan yang ia perlukan baik itu secara fisik maupun batin. Kebutuhan anak-anak baik berupa kebahagiaan, dan kesenangan juga penting.

Ketika anda sudah memahami apa kebutuhan anak anda sebenarnya, maka anda bisa mengendalikan mana yang anak-anak itu sebenarnya butuhkan atau sekedar main-main yang banyak mengganggu pertumbuhan belajar anak.
Berikan kesempatan jika hal itu dirasa sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Namun jika hanya kesenang-senangan semata, baiknya anda berikan waktu dan batasan sebagai hiburan. Dengan demikian anak-anak akan memahami secara alami mana yang pokok dan mana yang sekunder, hal ini mendidik anak agar tidak tumbuh menjadi pribadi yang manja.

Memanjakan anak itu boleh, asal porsi dan penempatan pemberian nya tepat sasaran. Jika tidak, maka anak-anak akan mengontrol kita untuk memberikan semua yang ia mau, bukan yang ia butuhkan. Jika kita menolak memberikan keinginan anak, maka dia marah dan menangis, dan yang paling parah anak-anak berani memarah-marahi orang tuanya.
Tentu hal demikian sungguh bukan lagi harapan orang tua punya anak yang memiliki sifat demikian bukan?

2. Berilah Perhatian Penuh untuk Anak-anak.

Berilah Perhatian Penuh untuk Anak-anak.

Berilah perhatian penuh kepada anak-anak, dan luangkanlah waktu sibuk anda dari rutinitas keseharian.
Anak-anak juga sama dengan kita butuh teman bermain, ngobrol, dan curhat tentang penat nya rutinitas keseharian nya.

Jika anak-anak kurang perhatian dan selalu merasa kesepian dirumah, maka ia akan jenuh menghadapi keseharian. Hal ini pemicu utama anak-anak melarikan kejenuhan yang ia miliki ke game online.
Kenapa game online?
Karena game online itu beraneka ragam jenis genre, sangat asyik jika dimainkan terlebih untuk mengatasi masalah penat nya kehidupan. Awalnya coba-coba anak-anak akan terbiasa dan nyaman di posisi ini. Tentu jika orang sudah nyaman dengan aktivitasnya jika diganggu orang lain pasti akan marah, sama halnya dengan anak-anak yang sudah terlanjur mabuk game online.

3. Alihkan Perhatian Anak ke Permainan lain 

Alihkan Perhatian Anak ke Permainan lain

Mengalihkan perhatian anak-anak dari gadget ke permainan lain merupakan cara efektif mengatasi kecanduan game online.
Alihkan perhatian si kecil ke permainan positive yang mampu menyokong tumbuh kembangnya otak anak dalam belajar berbagai hal, misal : 
  • Ajak bermain sepak bola.
  • Ajari main piano.
  • Atau ajari cara melukis yang baik dan benar.
  • Dan masih banyak lagi hal-hal postive lainnya.

4. Ajaklah Anak-anak Pergi Liburan

Ajaklah Anak-anak Pergi Liburan

Tentu saja mengajak anak-anak pergi liburan akhir pekan merupakan alternative mengatasi kecanduan game online.
Hal ini merupakan cara paling efisien dalam menurunkan kadar kejenuhan dan penatnya melewati rutinitas keseharian yang membosankan.
Mengajak anak-anak liburan tidak harus menuntut untuk merogoh kocek mahal.

Anda bisa mengajaknya ke tempat-tempat sederhana namun bisa dimanfaatkan sebagai media komunikasi antara orang tua dan anak, misalnya :
  • Ajak jalan-jalan sekeluarga keliling komplek sembari ngobrol layaknya teman dekat.
  • Ajak bermain olahraga bersama keluarga, untuk meningkatkan komunikasi yang terputus karena kesibukan masing-masing.
  • Ajak makan mie ayam atau bakso sambil ceritakan keseharian, hal ini mampu mengurangi tingkat setres anak-anak.

5. Ajarkanlah Give And Take Sejak Dini

Ajarkanlah Give And Take Sejak Dini



Apa makna take and give sebenarnya?
Yah... Perlu kita ketahui anak-anak dalam masa perkembangannya ia perlu di didik untuk disiplin dan tanggung jawab terhadap apa yang ia perbuat.
Lalu bagaimana caranya?
Buatlah kesepakatan dengan anak, Jika ia berhasil mengerjakan sesuatu yang ia sepakati maka kasih reward, tapi jika gagal anak-anak harus diberi hukuman.

Dengan demikian adrenali dan emosional anak tertantang, layaknya bermain game online yang bergenre strategi dan action.
Contoh take and give sederhana :
  • Buatlah kesepakatan bangun pagi selama satu pekan, jika berhasil akan diberi reward berupa liburan akhir pekan. apabila gagal maka liburan akan dibatalkan sebagai hukuman.
  • Kesepakatan nilai Raport harus bagus. Buatlah kesepakatan ini untuk memacu semangat belajar si kecil, jika berhasil maka diberi reward sepeda baru pas kenaikan kelas, dan apabila gagal maka gagal menerima reward sepeda baru sebagai bentuk hukuman.
Dan masih banyak lagi cara lain yang dapat dipraktekan dengan tujuan positif.

6. Cobalah Memasuki Dunia Anak


Dalam hal ini saya tidak menyarankan anda untuk menjadi anak-anak. Melainkan saya merekomendasikan anda supaya lebih memahami tentang perkembangan dalam dunia anak-anak,  baik dari segi :
  • Berkomunikasi
  • Bergaul
  • Tingkah laku anak-anak
Hal ini bertujuan supaya anda bisa mengambil keputusan yang tepat. Dengan memahami cara bergaul anak-anak jaman sekarang dengan anak-anak jaman dulu memang sangat jauh beda. Maka dari itu kita wajib mengikuti perkembangan anak-anak, Agar kita bisa mengarahkan mana yang baik dan melarang hal yang buruk untuk dilakukan anak-anak.

7. Jadilah Contoh yang Baik


Sudah semestinya sebagai orang tua wajib menjadi suri tauladan bagi putra dan putrinya dalam rumah.
Luangkanlah waktu untuk berdiskusi atau setidaknya ada ketika anak-anak membutuhkan seseorang.

Jangan memberi contoh menjadi pribadi cuek dan egois dengan rutinitas pekerjaan sendiri. Hal ini pemicu anak-anak melampiaskan emosi dan kejenuhan ke game online.

Anak-anak yang kecanduan game online umumnya karena kurang perhatian dan kasih sayang orangtua, maka dia melampiaskan keluh kesahnya dalam game online yang asyik serta memabukan.

8. Batasi Penggunaan Gadget



Membatasi penggunaan Gadget kepada anak-anak dalam artian kita tidak dianjurkan full membatasi, hal ini bisa memicu tingkat setres yang teramat bagi anak-anak.

Membatasi penggunaan gadget bertujuan memberikan pelajaran disiplin dan tahu bagaimana cara menghargai waktu yang benar.
Selama waktu pembatasan bermain gadget dianjurkan anak-anak untuk melakukan hal-hal yang lebih manfaat, dan saat itu juga anda bisa check apa yang sebenarnya anak anda lakukan. Apa benar murni main game online atau hal lain nya.


Sekian artikel tentang Tips Mengatasi anak yang kecanduan game online yang sulit di hilangkan, yang bisa anda terapkan dirumah bersama buah hati tercinta.

Kurang lebihnya saya mohon maaf sebesar-besarnya. Apabila ada kata-kata yang kurang dimengerti silahkan tinggalkan komentar dibawah. Jangan lupa share ya 😉. Salam hangat Areza Ardiansyah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel